Manfaat dan Tujuan dari Penerapan Ajaran Ahimsa, Satya dan Tat Tvam Asi

MUTIARAHINDU.COM -- Ada pun Manfaat dari melaksanakan ajaran Ahimsa adalah mengingatkan kita agar tidak melakukan pem-bunuhan yang tidak bermanfaat bagi kehidupan. Melaksanakan ajaran Satya me-nuntun kita untuk berpikir yang baik, berbicara yang baik, serta berbuat yang baik. Dengan memahami ajaran Ahimsa dan ajaran Satya kita akan mampu melaksanakan ajaran Tat Tvam Asi dengan baik.

Manfaat dan Tujuan dari Penerapan Ajaran Ahimsa, Satya dan Tat Tvam Asi

Tujuan Penerapan Ajaran Ahimsa, Satya dan Tat Tvam Asi

Tujuan penerapan ajaran Ahimsa, Satya, dan Tat Tvam Asi adalah untuk me-wujudkan kehidupan yang damai dengan rasa saling mempercayai, saling hormat-menghomati, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, dengan memahami konsep Tat Tvam Asi, (Duwijo dan Darta, 2014:21).

Rangkuman

Ahimsa artinya tidak menyiksa, tidak melakukan kekerasan, dan tidak membunuh sembarangan. Hal ini mengajarkan kepada kita agar hidup saling menghormati sesama ciptaan Sang Hyang Widhi Wasa. Membunuh untuk kepentingan korban atauYaj├▒a tidak bertentangan dengan ajaran Ahimsa karena bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan hewan/binatang tersebut.

Satya artinya setia atau jujur, hal ini mengajarkan kepada kita agar terbiasa memiliki sikap setia dan kejujuran terhadap siapapun juga. Kesetiaan dan kejujuran sangat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan di mana kita berada. Satya itu ada lima macam yang disebut Panca Satya artinya lima macam kesetiaan yakni Satya Hredaya (setia terhadap pikiran/kata hati), Satya Wacana (setia terhadap kata-kata), Satya Mitra (setia terhadap teman), Satya Semaya (setia terhadap janji), dan Satya Laksana (setia terhadap perbuatan).

Ajaran Ahimsa dan Satya menuntun kita untuk dapat mengamalkan ajaran Tat Tvam Asi (itu adalah kamu). Dengan memahami konsep Tat Tvam Asi kita akan memiliki rasa saling mencintai sesama makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi/Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap setia dan jujur terhadap siapa saja di manapun kita berada, (Duwijo dan Darta, 2014:22).

Referensi

Duwijo dan Darta, I Ketut. 2014. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas V. Jakarta: Pusat                  Kurikulum dan Perbukuan. Balitbang Kemdikbud

0 Response to "Manfaat dan Tujuan dari Penerapan Ajaran Ahimsa, Satya dan Tat Tvam Asi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel