Pengertian Bija Mantra dan Jenis-Jenisnya

MUTIARAHINDU -- Bija artinya biji. Biji jika ditanam dan dipelihara dengan baik akan tumbuh menjadi pohon besar yang menghasilkan buah. Demikian juga dengan Bija Mantra yang penuh Sakti (kekuatan). Kata bisa sebenarnya merupakan singkatan dari kata bijaksana yang berarti sebuah huruf (Jendra, 2005:17).

Pengertian Bija Mantra dan Jenis-Jenisnya
Mutiarahindu.com
Setiap bija mantra mempunyai kekuatan tertentu yang jika digabungkan dengan mantra lain akan menimbulkan kekuatan tambahan pada mantra tersebut. Bija mantra yang pertama kali muncul pada saat penciptaan alam raya ini adalah Om. Karena itu Om dinyatakan sebagai Mantra yang pertama. Mantra Om terdiri dari tiga suku kata yakni A, U dan M. Pengucapan suku kata A dimulai dari kerongkongan hingga bibir, sedemikian penuh dan panjang sehingga menjadi suara perut. Suara M akan muncul jika bibir mulai ditutup dan karena itu merupakan suara yang terakhir. Suku kata U merupakan hump perantaranya (Suhardana, 2008:294).

Suhardana (2008:295) menjelaskan bahwa setiap suara dalam semua alphabet dinamakan sebuah Matruka dan mewakili satu Dewata. Sedangkan Mantra Om mewakili semua Dewata. Disamping itu Mantra Om juga mewakili tiga Dewa yaitu Brahma, Wisnu dan Iswara yang merupakan Tri Tunggal Parabrahma. Bija Mantra Om dikembangkan menjadi berbagai jenis Bija, yakni Yogi Bija, Tejo Bija, Santi Bija dan Raksa Bija yang masing-masing dikenal sebagai Aim, Hrim, Srim, Krim, Kalim, Dum, Gam, Lam, Yam, Am atau Um atau Rum.

Chawdhri, (2003:111-112) dalam Rahasia Yantra, Mantra & Tantra menyebutkan beberapa jenis Bija Mantra yang jika diucapkan dengan penuh keyakinan dinyatakan dapat memberikan hasil yang diinginkan. Adapun bija mantra tersebut sebagai berikut:


  1. Ksaum atau Narasimha Bija, dapat menghilangkan segala ketakutan dan kesedihan.
  2. Aim atau Saraswati Bija, yang memungkinkan anak-anak mahir dalam segala cabang ilmu pengetahuan.
  3. Srim atau Laksmi Mantra, yang menuntun manusia kepada kesejahteraan dan kepuasan hidup.
  4. Hrim atau Bhuvaneswari Mantra atau Maya Bija. Kehebatan Mantra ini dijelaskan dalam Devi Bhagavatam. Seseorang akan menjadi pemimpin tertinggi dan mendapatkan apapun yang diinginkan. 
  5. Klim atau Kamaraja Bija, yang akan memenuhi keinginan seseorang.
  6. Krim atau Bija Mantra Kali, yang menghancurkan musuh-musuh dan memberikan kebahagian.
  7. Dum atau Durga Bija. Beliau adalah Devi yang tertinggi dan karena itulah beliau bisa memberikan apapun yang diinginkan.
  8. Gam Galaum atau Bija Mantra Ganesa, yang dapat menghilangkan segala rintangan dan dapat memberikan kesuksesan.
  9. Lam atau Prthi vi Bija, yang sangat membantu dalam memelihara atau menanam benih tanaman.
  10. Yam atau Vayu Bija, yang dianggap ampuh untuk mendatangkan hujan.
  11. Am, Um, Rum, masingmasing adalah Bija Mantra Brahma Wisnu dan Rudra.

Selanjutnya ada pula Mantra yang terdiri dari satu, tiga, empat atau lebih suku kata. Mantra yang terdiri dari satu suku kata dinamakan Pinda, tiga suku kata disebut Kartari, empat sampai sembilan suku kata dinamakan Vija Mantra, sepuluh sampai duapuluh suku kata disebut Mantra dan yang terdiri dari duapuluh suku kata dinamakan Mala. Tetapi istilah Vija Mantra biasanya digunakan untuk Mantra yang terdiri atas satu suku kata. Dibawah ini adalah Bija Mantra yang beberapa diantaranya sudah dijelaskan diatas, disertai pengertian yang lain (Titib, 2001 : 440 446):

  1. Brahmabija atau Brahmawidya atau Omkara : 0M atau AUM, Mantra ini ditujukan untuk membimbing seseorang guna mencapai realisasi diri tertinggi, yakni mencapai kebebasan dari keterkaitan. ,
  2. Vag Bija : AIM. Mantra ini bertujuan untuk memperoleh kebijaksanaan, menguasai'kata-kata dan kekuatan dalam wacana.
  3. Maya Bija atau Sakti Bija : HRIM. Mantra ini bertujuan untuk mengatasi kekuatan jahat yang tidak nampak, mengatasi hukum ruang dan waktu.
  4. Laksmi Bija : SRIM. Mantra ini bertujuan untuk memperoleh kekayaan duniawi, kekuatan (kesaktian), kecantikan, keindahan dan keagungan. 
  5. Kama Bija : KLIM. Mantra ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan yang luhur dan kesenangan, kejayaan dan kekuatan yang dahsyat.
  6. Adya Bija atau Kali Bija : KRIM. Mantra ini bertujuan untuk melepaskan keterikatan duniawi, keterikatan dari kekuatan maut dan pengetahuan yang luhur.
  7. Bija Mantra Panca Mahabhuta yaitu YAM (Bija Mantra Udara), LAM (Bija Mantra Bumi/Tanah), RAM (Bija Mantra Api), VAM (Bija Mantra Air), HAM (Bij a Mantra Ether).
  8. Bija Mantra Mahabhuta yaitu HA-U (Bumi), HA-I (Angin), AT HA (Bulan/benih laki-laki), IHA (Sang Diri), I (Api), U (Matahari), E (Panggilan), O-HO-I (Visvadeva), HIM (Prajapati), YA (Makanan), VAC (Badan Kosmos), HUM.
  9. Bija Mantra lain adalah DUM (Bija Mantra. Dewi Durga), HAUM (Bija Mantra Dewa Siwa), GAM (Bija Mantra Dewa Ganapati, penyatuan mikro dan makro kosmos)), GLAUM (Bija Mantra Dewa Ganapati sebagai pemberi anugrah kekuatan mental), KSRAUM (untuk Narasimha, Avatara Wisnu), STRIM (Bija Mantra untuk melenyapkan kesulitan), PHAT (senjata yang dapat menghancurkan apa saja), STRAUM (Bija Mantra yang memberi dorongan nafsu), PREM (Bija Mantra yang dapat mempesona), KHA (Bija Mantra yang dapat membunuh), AM (Bija Mantra yang dapat menangkap segala sesuatu).


Referensi

Jendra S.U., Prof. Dr, I Wayan. 2005. OM Sabda Suci, Leluhur Kramat dan Agung Dewa. Denpasar.
Chawdhri. 2003. Rahasia Yantra, Mantra & Tantra. Paramita: Surabaya.
Suhardana, Drs K.M. 2008. Dasar-Dasar Kesulinggihan Suatu Pengantar Bagi Sisya Calon Sulinggih. Surabaya: Paramita.

Subscribe to receive free email updates: