Patung GWK Akan Segera Menjadi Icon Kebanggaan Indonesia

MUTIARAHINDU -- Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan segera menjadi icon kebanggaan Indonesia. Demikian dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis 28 Juni 2018 melalui akun facebook resminya.

"Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan segera menjadi icon kebanggaan Indonesia", kata dia.

Patung AWK Akan Segera Menjadi Icon Kebanggaan Indonesia
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan
Menurut Jenderal TNI itu, walaupun Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sempat mangkrak selama 29 tahun, namun akhirnya selesai pada Agustus yang lalu. Hal tersebut terjadi karena adanya kerja yang dilakukan oleh semua pihak di Bali.

"Sempat mangkrak, hingga sudah 29 tahun tidak selesai. Tapi minggu lalu di Bali, saya melihat semua bekerja keras supaya dapat selesai pada Agustus 2018", ujar dia.

Selain itu, proses pengerjaan juga dilakukan semua pihak dengan mengedepankan bekerja dalam team work. Untuk itu, tidak boleh ada satu orang pun yang mengklaim sebagai keberhasilan dia seorang saja.

"Kenapa semua stranded projects ini bisa diselesaikan? Menurut saya karena semua pihak bekerja dalam team work. Kerja rame-rame. Maka dari itu, tidak boleh ada satu orang pun yang meng-klaim sebagai keberhasilan dia seorang saja", tutur Luhut.

Dia pun menjelaskan bahwa masih dalam suasana Lebaran, dirinya sempat menitip pesan kepada semua teman, untuk bangun team work baru. Jangan sampai ada yang mengembangkan ego, sebab untuk mencapai kinerja yang bagus harus ada kerja sama. Apalagi mengingat masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan bersama.

"Masih dalam suasana Lebaran, saya titip pesan kepada semua teman-teman, mari kita bangun team work kita yang baru. Jangan mengembangkan ego kita. Kalau kita salah, kita minta maaf. Kalau kita kurang, kita perbaiki. Kalau team work bagus, apa yang ditugaskan pada kita, dapat tercapai semua. Karena masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan bersama" papar dia.

Selain Patung AWK, lanjut dia, banyak proyek lain yang sempat mangkrak dapat diselesaikan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo sekarang ini. Seperti misalnya Cruise Terminal di Tanjung Benoa Bali yang kita selesaikan setelah proses dredging-nya sempat 17 tahun terbengkalai.

Juga pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Denpasar yang mangkrak 17 tahun, kita selesaikan dan sudah siap untuk dijadikan pusat pengolahan sampah menjadi sumber energi (waste to energy).

Contoh selanjutnya adalah pembebasan lahan yang selama 29 tahun tidak pernah selesai di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika NTB, berhasil kita selesaikan pada April tahun lalu.

Seperi diketahui Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) memiliki ketinggian 120 meter, lebih tinggi daripada patung Liberty di New York, AS (93 meter) dan Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil (30 meter).





Subscribe to receive free email updates: