Fungsi dan Tujuan Mantra

MUTIARAHINDU -- Secara etimologi mantara berari “itu yang melindungi” (tra = melindungi) ketika diulang-ulang atau direnungkan (man= berpikir, merenungkan). Kata mantra memiliki dua arti: bagian puitis dari Veda dan, nama-nama dan suku kata yang dipergunakan untuk melakukan permohonan kepada Tuhan atau para Dewa. Yang pertama bersifat Ceda dan yang kedua Tantrik (Mantra Samhita, 2013 : 6).

Dikatakan juga bahwa mantra adalah satu kata atau ucapan yang mengandung makna atau kekutan spiritual. Di dalam buku John Grimes (1948 : 187) yang berjudul A Concise Dictionary of Indian Philosophy dijelaskan bahwa menurut filsafat Sakta, mantra menyelamatkan orang yang merenungkan makna dari mantra itu.

Fungsi dan Tujuan Mantra
mutiarahindu.com
Di dalam buku Rahasia Yantra, Mantra dan Tantra (Dr. L. R. Chawdhri, (2003 : 97) dijelaskan bahwa Mantra digunakan dalam sadhana Tantra atau berbagai ritual, diucapkan atau diulang-ulang dalam berbagai kombinasi dan konteks, yang kemudian membuat pola vibrasi tertentu. Seseorang juga dapat mencapai kesehatan yang baik, nasib baik dan kemenangan atas musuh dengan mengucapkan mantra tertentu.


Fungsi dan Tujuan mantra sebenaranya sudah tertuang dalam setiap mantra. Misalnya jika mau bepergian maka kita akan mengucapkan mantra yang berhubungan dengan keselamatan. Namun jika dilihat secara umum, maka Mantra memiliki Fungsi dan tujuan sebagai berikut:

  1. Sebagai pernyataan rasasyukur atas anugerah-Nya yang telah menciptakan segala sesuatu yang diperlukan bagi kehidupan umat manusia dan semua makhluk.
  2. Sebagai sadhana (praktik spiritual) untuk menyucikan diri kea rah penyempurnaan bagi kehidupan spiritual dan moral umat manusia.
  3. Sebagai sadhana untuk memohon kepada Sanghyang Widhi Wasa agar dijauhkan dari segala rintangan dan godaan Bhutakala dan sebagainya.
  4. Sebagai sadhana untuk memohon perlindungan agar selalu berada dalam keadaan selamat (Mantra Samhita, 2013 : 13).


Referensi
Chawdhri, Dr. L. R. 2003. Rahasia Yantra, Mantra dan Tantra. Surabaya : Paramita.
- 2013. Mantra Samhita, Himpunan Doa Hindu. Jakarta : Media Hindu

Subscribe to receive free email updates: