7 Rsi Penerima Wahyu Weda

MUTIARAHINDU – Kitab Suci Veda merupakan kitab suci Hindu yang diturunkan melalui Tujuh Rsi yang disebut dengan Sapta Rsi. Sapta dalam bahas sanskerta berarti Tujuh sedangkan Rsi adalah Orang Suci (Pandita). Jadi Sapta Rsi adalah Tujuh Orang Suci yang menerimah Wahyu Suci Veda.

Adapun ketujuh Sapta Rsi tersebut adalah Grtsamada Rsi Wiswamitra, Rsi Wamadewa, Rsi Atri, Rsi Bharadwaja, Rsi Wasistha, dan Rsi Kanwa. Ketujuh kelompok Saptarsi penerima Wahyu Tuhan Yang Maha Esa tersebut terhimpun dalam Veda. 

Sapta Rsi
Foto; Mutiarahindu.com
Menurut Kitab-Kitab Purana maupun Manavadharmasastra, nama-nama Saptarsi kita kaitkan dengan jangka waktu tertentu. Satu Jangka waktu atau juga manusia ini merupakan pengembala utama umat manusia dan penerima wahyu Tuhan Yang Maha Esa (Titib, 1999 : 34). 

Adapun Sapta Rsi yang paling banyak disebutkan dalam Veda dikaitkan dengan kaitannya dengan turunnya Veda dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Rsi Grtsamada

Rsi ini sangat banyak dihubungkan dengan turunnya mantra-mantra Veda terutama RgVeda mandala II. Namun sangat disayangkan karena sejarah kehidupan Rsi Grtsamada tidak banyak tertulis dalam sejarah, sehingga tidak banyak diketahui. Titib (1999 :34) menjelaskan bahwa Grtsamada adalah keturunan dari Sunahotra, keluarga Angira. Selain itu ada juga yang menjelaskan bahwa Grtsamada adalah keturunan Bhrgu. Dengan demikian sejarahnya tidak diketahui secara pasti, sedangkan di dalam Mahabharata, ia disebutkan keturunan maha Rsi Sonaka. Sunahotra tersebut di atas, dinyatakan sebagai keturunan Bharadvaja.

2. Rsi Visvamitra

Rsi Visvatamitra adalah salah satu Maha Rsi penerima Sabda suci (Weda) yang tertulis dalam Weda Sruti (Adiputra, 2003 : 13). Rsi ini sangat sering dikaitkan dengan kitab mandala III Rg Veda. Visvamitra adalah putra Rsi Musika. Walaupun demikian bukan hanya Rsi Visvamitra yang dikaitkan dengan Mandala III Rg Veda tetapi juga dijumpai nama Rsi Jamadagni sebagai Nuharsi. Keterangan lain mengatakan bahwa Visvamitra bukan seorang Brahmana tetapi seorang Ksatria. Penggolongan status seorang Rsi dengan Catur warna itu sesungguhnya tidak menentukan karena bukan merupakan prasyarat seorang Maha Rsi, melainkan akan mengikuti guna karma seseorang (Adiputra, 2004 : 61).

3. Rsi Vamadeva

Rsi ini sangat banyak dihubungkan dengan mandala IV Rg Veda. Walau pun demikian tidak banyak diketahui mengenai riwayat kehidupan Rsi Vamadeva. Menurut cerita-cerita Kitab Purana, Vamadeva sempat mengadakan dialog dengan Dewa Indra dan Aditi, suatu hal yang tidak dapat dibayangkan oleh pikiran kita, memberikan penafsira kesempurnaan selagi beliau masih muda. Disebutkan juga bahwa Rsi ini, memberikan petunjuk untuk mencapai kesempurnaan sejati (Adiputra, 1999 : 35).

4. Rsi Atri

Rsi Atri banyak dikaitkan dengan turunnya mantra-mantra mandala V Rg Veda. Di Dalam Matsya Purana, nama Atri tidak hanya sebagai nama keluarga, tetapi juga sebagai nama pribadi. Dinyatakan bahwa dalam kelauarga Atri yang tergolong Brahmana dijumpai pula beberapa nama dari keluarga Atri seperti Sayana, Udvalaka, Sona, Sukdeva, Gauragriva dll. Di dalam ceritanya dikemukakan pula bahwa Rsi Atri banyak dikaitkan dengan dengan keluarga Angira. Jika dilihat secara teliti Mandala V Rg Veda, tanpaknya bukan hanya Rsi Atri yang menerima wayu ini. Tetapi juga Dhruva, Prabhuvasu, Samvarana, Gauraviti, Putra Sakti dll. Selain itu kemukakan juga bahwa 36 Rsi tergolong penerima wahyu. Jadi cukup banya. Ada dugaan semuanya merupakan keturunan dari Rsi Atri (Adiputra, 1999 : 35).

5. Rsi Bharadvaja

Rsi ini dikaitkan dengan turunnya Mantra-mantra Mandala VI. Walau pun demikian ada beberapa yang dikaitkan juga dengan Suhotra dan Sunahotra. Selain itu ada juga dikaitkan dengan keluarga Bharadvaja seperti Nara, Garaga Rjisvan. Di dalam Kitab Purana dijelaskan bahwa Bharadvaja adalah outra Brihaspati, cerita ini belum dapat dipastikan kebenarannya karena disamping keterangan lain yang mengatakan bahwa Samyu dengan Bharadvaja masih dalam satu keluarga (Adiputra, 1999 : 36).

6. Rsi Vasistha

Rsi ini banyak dikaitkan dengan mantra mandala VII Rg Veda. Salah seorang keturunan Rsi Vasistha adalah Rsi Sakti yang juga terkenal sebagai penerima wahyu. Mengenai keluarga ini tidak banyak dikenal. Namun nama Vasistha serinng digunakan sebagai nama kelauarga dan nama pribadi. Dalam Kitab Mahabharata nama Vasistha disamakan dengan Visvamitra. Di dalam kitab Matsya Purana, dinyatakan bahwa Rsi Vasistha mengawini Arundhati, saudara perempuan Devarsi Narada yang kemudian melahirkan seorang putra bernama Sakti (Adiputra, 1999 : 36).

7. Rsi Kanva

Rsi ini banyak dikaitkan dengan mandala VIII Rg Veda. Nama kanva banyak berhubungan dengan nama keluarga dan nama pribadi.  Dikatakan bahwa Mandala VIII diterima oleh maha Rsi Kanva atau merupakan wahyu yang diterima oleh keluarga Sakuntala. Disamping itu ada juga nama-nama lain seperti Kasyapa, putra Marici. Rsi Kanva mempunyai putra bernama Praskanva. Nama-nama rsi yang juga di jumpai dalam mandala VIII adalah Gosukti, Asvasukti, Pustigu, Bhrgu, Manu, Vaivasvata, Nipatithi dll (Adiputra, 1999 : 36).

Kemudian mandala IX dan X Rg Veda merupakan kumpulan yang diterima oleh beberapa Rsi. Dari 10 mandala yang ada, mandala 10 merupakan mandala yang paling lengkap karena memuta pokok-pokok ajaran agama Hindu yang sangat penting dan sangat bermanfaat untuk diketahui.

Referensi

Adiputra, Gede Rudia. 2003. Pengetahuan Dasar Agama Hindu. Jakarta : Pustaka Mitra Jaya.
Titib, I Made. 1999. Pengantar Weda untuk Program D.II. Surabaya : Paramita.
Adiputra, Gede Rudia. Dkk. 2004. Dasar-Dasar Agama Hindu. Jakarta : Lestari Karya Megah.

Subscribe to receive free email updates: